TOPIK :
PERILAKU KONSUMEN
JUDUL:
PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN
TERHADAP PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN.(STUDY KASUS PD.SENEN JAYA DAN CAREEFOURE)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang penelitian
Perkembangan
dan kemajuan teknologi mempengaruhi perkembangan pola pikir dan tanggapan
konsumen terhadap pelayanan pasar. Hal ini pun menjadi sorotan didunia pasar
nasional, karena adanya persaingan yang terdapat didalamnya. Untuk saat ini
pasar juga menjadi penopang utama akan pemenuhan kebutuhan masyarakat didalam
negeri. Oleh sebab itu, pelayan dalam pasar sangat lah diperlukan untuk
meningkatkan tanggapan konsumen terhadap pasar. Tingkat kepercayaan konsumen
dapat dilihat salah satunya adalah dari segi pelayanannya. Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem
institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual
barang ,jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Hal inilah
yang membuat pasar sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Konsumen adalah setiap
orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi
kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun mahluk hidup lain dan
tidak untuk diperdagangkan.
Begitu
pula halnya dengan pasar modern dan pasar tradisional, dimana terdapat
kelebihan dan kekurangan masing masing pasar. Contoh dari pasar modern adalah
pasar swalayan, hypermarket, supermarket, dan mini market. Sedangkan pasar
tradisional adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan
adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses
tawar-menawar. Contoh pasar tradisional salah satunya adalah pasar senen di
Jakarta, pasar beringharjo di Jogjakarta, dan pasar klewer di solo. Kelebihan
yang dapat kita rasakan dari pasar modern yaitu kita dapat menhemat waktu untuk
membeli kebutuhan kita walaupun sedikit mahal. Sedangkan pasar tradisonal kita akan menhabiskan banyak waktu kita dalam
mencari barang yang kita butuhkan, walaupun dari segi harga sangat terjangkau.
Tidak sedikit konsumen yang lebih memilih mencari kebutuhan sehari-hari dipasar
tradisional, dikarenakan banyak persediaan yang tidak ada di pasar
modern(sawalayan,hypermarket,dan supermarket ) oleh sebab itu salah satu
solusinya adalah dengan mencarinya di pasar tradisional. Demikian dengan
sebaliknya, karena itulah kedua pasar
tersebut masih dapat bertahan sampai sekarang.
Besarnya
tingkat konsumsi kosumen/masyarakatlah yang
mebuat banyaknya pasar modern ada dimana-mana, seperti hypermart,
supermarket, dan swalayan. Karena jarak yang dekat mebuat konsumen sementara
memilih pasar modern untuk mencari kebutuhannya. Hal ini terjadi karena,
pertama konsumen punya rasa ingin tahu akan bagaimanakah bentuk dari pasar
modern itu sendiri. Kedua konsumen ingin melihat kwalitas produk ataupun jenis
barang apa saja yang tersedia di pasar modern. Dan yang ketiga bagaimanakah
bentuk pelayan dari pasar modern itu. Hal ini merupakan salah satu perilaku
konsumen yang ingin selalu mendapatkan pelayanan yang terbaik. Disaat konsumen
sudah memahami hal baru yang terdapat dalam pasar modern tentunya akan ada yang
berpaling,dan ingin merasakan pelayan yang lebih baik.
Perilaku
konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian , pemilihan, pembelian, penggunan serta pengevaluasian produk dan
jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Dari pengertian ini kita dapat
mengatakan bahwa konsumen ingin selalu mencari yang lebih baik untuk
kebutuhannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk jaman sekarang ini kita butuh
yang praktis/cepat dalam mencari segala sesuatunya. Disaat segala sesuatunya
sudah harus cepat/praktis, inilah yang membuat kosumen mencari kebutuhannya
kepasar yang lebih dekat dibandingkan harus membuang waktu kepasar tradisional
yang membutuhkan waktu. Setiap konsumen/masyarakat harus memilih manakah yang menurut mereka
terbaik buat mereka untuk dapat melangsungkan hidup. Akan tetapi bagi konsumen
yang lebih memilih memakai produk yang ada dipasar tradiisonal daripada pasar modern,
karena dipasar tradisional demua produk atapun
yang dijual adalah produk local. Berbeda dengan pasar modern yang sebian
produknya adalah barang dari luar.
Perilaku
konsumen yang berbeda-bedalah yang menentukan
tanggapan baik ataupun buruk terhadap suatu pasar . karena
konsumen/masyarakatlah yang merasakan pelayanan yang diberikan oleh suatu
pasar. Dan konsumen jugalah yang akan membuat suatu pasar dapat berkembang/
banyak dikunjungi oleh konsumen lainnya. Oleh karena itulah, pelayanan dari
setiap pasar harus ditingkatkan kepada konsumen dalam hal ini masyarakat. Dari
uraian diatas, penulis tertarik untuk mengetahui dan menggali lebih dalam
tentang bagaimana Tanggapan Konsumen terhadap Pelayanan Pasar Modern dan Pasar Tradisioanal dalam sebuah
karya tulisdengan judul : “PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PASAR
TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (STUDY KASUS PD.SENEN JAYA DAN CAREEFOURE)”.
B. Masalah
Penelitian
i.
Bagaimana tanggapan konsumen terhadap
pasar tradisional dan pasar modern ?
ii.
Bagaimanakah strategi pemasaran yang
diterapakan di pasar tradisional dan di pasar modern?
C. Tujuan
Penelitian
i.
Untuk mengetahui taanggapan konsumen
dalam memilih pasar tradisional dan pasar modern ?
ii.
Untuk menegetahui strategi pemasaran
yang diterapakan di pasar tradisional dan di pasar modern?
1 komentar:
Best 10 slots, video poker machines - DrmCAD
Play at casinos where you can win 출장안마 real money. 제주 출장샵 In 거제 출장마사지 a world with real casino slots, the difference between playing real money and losing 울산광역 출장샵 money is 제주 출장안마
Posting Komentar